Jumat, 22 Januari 2016

Cara Alami Mudah Dan Murah Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering merupakan hal yang umum dan bisa terjadi pada semua kalangan usia. Kulit kering bukan masalah yang besar, tetapi terkadang menyebabkan masalah serius dan menjadi susah ditangani. Kulit kering ditandai dengan tekstur kulit yang terasa kasar, kadang sakit dan perih, gatal dan bersisik.

Faktor penyebab keringnya kulit sangat beragam, tetapi ada orang yang memang dilahirkan berkulit kering. Faktor lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin juga menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya dan menjadikan kering. Sering diruangan ber AC, mandi menggunakan air panas dan cuaca yang kering juga menjadi penyebabnya.

Cara Alami Mudah Dan Murah Mengatasi Kulit Kering

Ada banyak cara dan tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering dengan mudah dan murah sebagai berikut:

Jangan mandi menggunakan air yang terlalu panas
Saat cuaca dingin, mandi menggunakan air panas sangatlah mengasyikkan dan membuat ingin berlama lama di bak mandi. Tetapi, mandi menggunakan air panas dapat menyebabkan kulit kering. Lebih baik gunakanlah air hangat kuku saat cuaca tidak mendukung mandi menggunakan air dingin.

Jangan memakai sabun berlebihan, apalagi menggunakan sabun badan untuk mencuci muka. Hal ini menyebabkan kulit kering. Jauhi pula sabun yang mengandung anti bakteri.

Jauhi alkohol dan kafein
Alkohol dan kafein menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan membuat kulit kering. Lebih pilihlah meminum air mineral dibandingkan minuman sejenis teh, kopi, ataupun soda. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari karena air mineral dapat memperlancar distribusi nutrisi ke kulit dan menghindarkan tubuh dari dehiderasi. Dehiderasi atau kekurangan cairan tubuh membuat kolagen tidak bekerja sempurna, yang mana kolagen adalah komponen penting pada kulit.

Memakai pelembap kulit 
Meskipun cara ini bukan cara alami, tetapi tetap aman dan tidak menimbulkan efek untuk jangka panjang. Menggunakan lotion atau body butter dapat mengatasi kulit kering. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan kandungan kandungan yang ada dalam lotion atau body butter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan bahkan menyebabkan kulit iritasi bila tidak cocok.

Makan makanan kaya akan protein 
Kulit membutuhkan nutrisi untuk tetap terjaga fungsi fungsinya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin A dan C seperti wortel, jeruk, dan tomat.

Menggunakan madu
Madu mengandung antioksidan dan anti mikroba yang membuat kulit menjadi lembut, halus, serta lembap. Caranya cukup mudah, yaitu ambil beberapa sendok madu asli lalu oleskan ke seluruh tubuh ketika sebelum mandi dan diamkan sekitar kurang lebih sepuluh menit. Setelah diaplikasikan, bilas menggunakan air hangat.

Beberapa cara dan tips diatas aman di terapkan, dan akan nampak hasilnya bila kita rutin dan membiasakannya. Kulit kering akan menjadi lembap dan tampak sehat bila diatasi dengan benar. Semoga artikel diatas bermanfaat dan tidak ada lagi orang yang terganggu aktifitas atau penampilannya. Salam kulit sehat dan cantik, girl!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Alami Mudah Dan Murah Mengatasi Kulit Kering

0 komentar:

Posting Komentar