Rabu, 27 Januari 2016

Cara Membuat Lulur Alami Sendiri Dirumah

Cara Membuat Lulur Alami - Lulur saat ini sangat mudah dilakukan. Jika dahulu lulur hanya bisa dilakukan disalon, kini kita bisa lulur dirumah sekalipun. Dipasaran juga banyak menyediakan produk produk lulur siap pakai. Lulur merupakan cara untuk meluruhkan sel kulit mati penyebab kering dan kusam. Selain itu, lulur berfungsi sebagai regenerasi sel kulit mati. Dalam efek jangka panjangnya, lulur dapat memutihkan kulit dan menyebabkan kulit menjadi halus.

Idealnya, lulur dilakukan dua minggu sekali. Jangan terlalu sering lulur karena menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. Daripada membeli produk produk lulur dipasaran, mengapa tak mencoba membuat lulur sendiri dirumah? Selain mudah, kita juga dapat mengontrol apa apa yang terkandung didalamnya.

Cara Membuat Lulur Alami Sendiri Dirumah

1. Mencoba lulur dari beras dan madu
Beras adalah bahan makanan pokok bagi orang Indonesia. Kita bisa menemukan bahan ini dengan mudah. Beras mengandung vitamin B dan E. Madu juga terkenal khasiatnya dalam dunia kecantikan. Madu kaya akan antioksidan, sehingga perpaduan antara beras dan madu adalah perpaduan sempurna untuk lulur dirumah. Step step pembuatan lulur beras dan madu sbb:

  1. Siapkan satu gelas beras organik (tanpa pengawet dan pemutih)
  2. Cuci beras tersebut dan rendam selama semalam
  3. Angkat dan keringkan beras yang telah direndam semalam
  4. Haluskan dengan penumbuk ataupun blender
  5. Tambahkan madu secukupnya
  6. Oleskan pada bagian tangan dan kaki
  7. Diamkan selama ± 10 menit
  8. Bilas menggunakan air hangat

2. Lulur dari bengkoang
Bengkoang dipercaya khasiatnya untuk memutihkan kulit sejak lama. Kandungan senyawa proteinnya juga dapat membuat kekuatan kulit bertambah. Vitamin C yang terkandung pada bengkoang juga menyebabkan kulit cepat beregenerasi, dan dapat memutihkan kulit. Cara membuat lulur dari bengkoang sangat mudah yaitu cukup parut bengkoang dan aplikasikan pada seluruh tubuh sebelum mandi.

3. Alpukat
Alpukat adalah buah lezat berwarna hijau yang terkenal kaya akan berbagai macam vitamin. Alpukat kaya akan vitamin E, K, dan omega 3. Alpukat juga mengandung antioksidan yang baik sehingga mencegah menuaan dini. Membuat lulur dari alpukat juga pilihan tepat karena dapat menghaluskan kulit pula. Cara membuat lulur dari alpukat yaitu

  1. Pilih satu alpukat matang, kupas (atau keruk) ambil dagingnya
  2. Campurkan dengan air, tepung beras merah, dan minyak zaitun dengan proporsi yang pas (hingga cukup mengental)
  3. Aplikasikan pada seluruh tubuh sebelum mandi, bilas setelah 5 menit kemudian.

4. Wortel
Makanan yang terkenal baik untuk kesehatan mata juga merupakan bahan yang baik untuk lulur. Wortel mengandung antioksidan dan betakaroten yang dapat mencegah keriput. Cara membuatnya sama seperti bengkoang, cukup parut lalu diaplikasikan ke seluruh tubuh. Jika ingin membuat kombinasi lulur, bisa gunakan wortel campur madu.

5. Kopi
Kopi adalah minuman yang memiliki aroma khas dan dipercaya bisa menunda rasa ngantuk. Kopi mengandung antioksidan dan exfoliation. Exfoliation bertindak untuk menghilangkan sisa sisa kulit mati, dan juga dapat menghaluskan tekstur kulit. Maka dari itu, kopi sangat cocok digunakan untuk lulur. Berikut caranya:

  1. Siapkan 2 cangkir kopi, 1/2 garam, 2/3 minyak pijat
  2. Campurkan semua bahan, tambahkan air secukupnya (hingga cukup kental)
  3. Aplikasikan kepada bagian tubuh yang dikehendaki
Bilas setelah 5-10 menitan

Beberapa cara membuat lulur alami diatas sangat mudah dan murah, tunggu apa lagi? Manjakan dirimu dirumah dengan bahan yang alami dan tentunya tanpa efek samping.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Lulur Alami Sendiri Dirumah

0 komentar:

Posting Komentar